• 09 Juli 2015

    vaksinasi meningitis saat minum obat

    Dokter, bolehkan saya melakukan vaksinasi meningitis sementara saya sedang minum obat glaucon dan asparK

    Vaksinasi mampu menyiapkan sistem kekebalan sebelum terkena kuman dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi ketika terjadi suatu paparan. Vaksin meningitis diberikan untuk mencegah penyakit meningokokus, penyebab utama meningitis bakteria, yaitu infeksi yang terjadi pada selaput otak dan sumsum tulang belakang serta keracunan darah (sepsis). Pemberian vaksin meningitis dianjurkan jika anda akan mengunjungi daerah - daerah dimana meningitis menjadi endemis.

    Pemberian vaksin dilakukan 10-14 hari sebelum keberangkatan. Itu adalah masa paling efektif pemberian vaksin karena pada saat pemberangkatan, antibodi sedang terbentuk dengan kuat. Ketika antibodi sudah kuat, potensi tertular atau sekadar sebagai pembawa meningitis pun bisa ditekan. Masa inkubasi meningitis sendiri terbilang singkat, yaitu 2-10 hari, yang bisa menyebabkan kematian, bahkan ketika sudah terdeteksi dan mendapatkan perawatan.

    Kami tidak menemukan apakah efek pengobatan glaucon dan aspar K dapat mempengaruhi efektivitas vaksin meningitis. Hanya saja yang perlu diwaspadai adalah keadaan alergi terhadap obat vaksin meningitis. Keadaan alergi ini dapat berakibat reaksi alergi yang ringan seperti ruam dan bentol pada tubuh hingga reaksi alergi yang berat seperti sesak nafas dan syok. Untuk itu sebelum anda mendapat vaksin harap anda konsultasikan terlebih dahulu apabila anda mempunyai alergi.

    Sumber : Klikdokter.com Kirim komentar →