• 09 Juli 2015

    Tentang Vaksinasi Meningitis

    Meningitis meningokokus adalah penyakit radang selaput otak atau sumsum tulang belakang yang terjadi secara mendadak dan menular dengan gejala panas tinggi, nyeri kepala, kuduk kaku, timbulnya bercak merah di kulit yang disebabkan oleh bakteri Neisseria

    “Saat musim haji, 2 juta lebih penduduk muslim dunia berada di makkah dan ketika musim umrah tidak kurang tamu dari asal 68 negara muslim setiap hari/bulan termasuk dari negara-negara tempat penyakit meningitis ganas berada.”

    Akibatnya, bakteri Meningitis bersirkulasi diantara jemaah haji dari seluruh dunia, dan ancaman penularan Meningitis masih sangat tinggi. Untuk itulah diperlukan pemberian vaksin Meningitis bagi jemaah haji. Pemberian vaksin Meningitis merupakan syarat mutlak bagi jemaah haji yang akan memasuki wilayah Arab Saudi.

    Adapun jenis vaksin yang dipakai adalah Meningitis meningokokus yang telah memperoleh sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Imunisasi Meningitis diberikan pada setiap jemaah haji selambat-lambatnya 10 hari sebelum keberangkatan. Jemaah haji yang mendapat imunisasi Meningitis, akan memiliki kekebalan terhadap bakteri Meningitis selama 2 tahun.

    Imunisasi Meningitis dilaksanakan di Pelayanan Kesehatan yang menyediakan Layanan imunisasi dan vaksinansi pada masing-masing kabupaten/kota tempat tinggal calon jemaah haji/Umrah

    Kirim komentar →